10 Tempat Wisata di Dieng Paling Hits Wajib Anda kunjungi!

Berikut ini adalah update tempat wisata di Dieng paling hits yang wajib Anda kunjungi. Dieng atau Dataran Tinggi Dieng atau bisa juga orang menyebut kawasan Dieng Plateu merupakan sebuah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah yang sangat indah dan punya banyak destinasi wisata. Tempat ini berada di dua kabupaten di Jawa Tengah Yakni Wonosobo dan Banjar negara. Beragam tempat wisata ada disini, mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata budaya dan lain sebagainya. Namun kebanyakan tempat wisata yang sedang naik daun dan hits dikalangan anak muda adalah tempat wisata alamnya.


Tempat wisata mulai dari gunung dan juga telaga-telaga indah di Dieng sejatinya menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang rame di kunjungi. So Anda orang Wonosobo atau Orang Banjarnegara sudahkan mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Dieng? Bagi yang penasaran, atau dari luar kota Dieng dan berniat berwisata kesana, namun belum tahu daftar list tempat wisata baru apa saja yang ada di Dieng, jangan khawatir. Disini kami akan informasikan setidaknya 28 tempat wisata di Dieng yang sedang hits sedang rame dan bisa Anda kunjungi, baik dengan keluarga, teman, kerabat atau bisa juga dengan sicinta yang Ana sayangi.

1. Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng

Tempat wisata di Dieng wajib Anda kunjungi pertama adalah kawasan Wisata Bukit Sikunir Dieng. Tempat ini berlokasi di Desa Sembungan, Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Bukit Sikunir Dieng sendiri merupakan landmark yang wajib Anda kunjungi ketika Anda datang ke Dieng. Diata bukit Anda akan disuguhkan dengan pamandangan matahari terbik dan matahari terbenam yang sangat menakjubkan. Wisata bukit Sikunir Dieng pun dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata di dataran tinggi Andalan dieng dan sekitarnya. Jika pun Anda datang di musim kemarah Anda Akan disuguhkan panorama pemandangan matahari ketika bagun (terbit) langit yang bersih dan biru membuat suasana diatas bukit begitu mempesona.

2. Tempat Wisata Telaga Merdala Dieng

Berlokasi di Desa Karangtengah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, pesona alam di sekitar telaga sungguh sangat mempesona. Telaga Merdala sendiri merupakan salah satu tempat wisata telaga paling luas yang ada di Dieng dan sekitarnya. Jika dilihat dari kejauhan telaga ini tampak seperti sebuah kaldera bekas letusan dari gunung berapi yang kemudian terisi air. Panorama alam di sekitar lokasi telaga pun sangat asri dan membuat mata kita tak lelah untuk memandang. Yang unik dari telaga ini adalah, tidak punya mata atau sumber air seperti telaga pada umunya. Meski begitu Anda tetap harus hati-hati, karena menginjak dengan sembarangan area telaga bisa membuat anda celaka! So jika Anda datang ke telaga ini maka patuhi peraturan yang berlaku disana yah.

3. Tempat Wisata Telaga Pengilon

Tempat wisata di Di dieng paling hits ini berlokasi di Desa jojogan, namun sangat mudah diakses dari desa Dieng, lokasinya pun sangat berdekatan dengan telaga warna, telaga indah lainnya yang ada di Dieng. Akan tetapi dari banyaknya telaga di Dieng, telaga Pengilon punya karakteristik yang berbeda dengan telaga lainnya. Tempat wisata ini punya air yang bening tak berwarna dan sangat jernih sekali. Bagi yang suka fotografi mungkin telaga pengilon bisa menjadi salah satu objek yang sangat menarik. Di sekitar telaga pun panorama alamnya tak kalah indah, perbukitan yang asri serta pohon-pohon rindang membuat suasana disini sangat nyaman dan sejuk.

4. Tempat Wisata Telaga Warna Dieng

Lokasi tempat wisata yang satu ini sangat berdekatan dengan talaga Pengilon. Telaga warna di Dieng tepatnya di Kabupaten Wonosobo ini merupakan tempat wisata di Dieng yang wajib Anda kunjungi. Telaga ini bisa dikatakan iconnya wisata Dieng yang tak pernah sepi pengunjung. Tempat ini sangat unik, karena warna telaga akan sering berganti jika terkena sinar matahari.

5. Tempat Wiasata Gunung Prau

Bagi Anda yang suka dengan daki dakian gunung gunungan (bukan gunungnya wanita yah) bisa mencoba mendaki gunung Prau di Dieng. Gunung Prau sendiri sekarang ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata paling hits di Dieng. Walau tak sepopuler dengan keindahan wisata gunung lainnya, namun pemandangan dari atas puncak gunung prau tak perlu di pertanyakan lagi. Bahkan di sepanjang perjalanan Anda akan di manjakan dengan pemandangan indah alam asri Dieng yang fenomenal. Adapun bagi yang penasaran, jalur pendakian gunung paru bisa dimulai lewat Dieng maupun Kendakl.

6. Tempat Wisata Kawah Sikidang Dieng

Tempat wisata di Dieng yang satu ini berlokasi di Dieng Kulon, Batur Banjarnegara Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Dengan luas kawah mencapai 200 meter persegi membuat pemandangan di sekitar kawah sangat menawan. Di lokasi wisata Anda akan dimanjakan dengan panorama alam dimana ada letupan-letupan indah berisi gumpalan asap dari dalam kawah. Namun satu yang harus selalu di perhatikan, pengunjung tidak boleh berbuat seenaknya apalagi berbuat yang tak perlu. Kandungan belerang di di Kawah ini tergolong tinggi karena itulah bagi yang punya penyakit asma tidak di rekomendasikan berlibur ke Kawah Sikidang Dieng.

7. Tempat Wisata Dieng Plateau Theater

Berlokasi di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, tempat wisata Dieng Plateau Theater menawarkan paket wisata yang cukup menarik. Di tempat ini ada sebuah genung Theater yang merupakan sebuah gedung megah tempat film dokumenter tentang Dieng Plateu di putar. Di dalam gedung ada 60 kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk menonton film dokumenter yang di putar. Terlebih selain menawarkan paket wisata di dalam gedung, area di sekitar Gedung pun tak kalah indah dan menawan. So jika berwisata ke Dieng jangan lupa kunjung tempat ini yah.

8. Tempat Wisata Telaga Cebong Dieng

Tempat wisata yang satu ini sangat indah dan berdekatan lokasinya dengan Bukit Sikunir. Telaga Cebong sendiri berada di Desa Sembungan, Dieng. Di sekitar telaga Anda akan di manjakan dengan panorama alam yang sangat indah sekaligus melihat lahan pertanian warga yang sangat mempesona. Orang bilang Telaga Cebong dengan sebutan Telaga diatas awan, karena lokasinya yang berada pada ketinggian 2.300 mdpkl. Selain itu letaknya pun berada di desa paling tinggi yang ada di Jawa.

9. Tempat Wisata Telaga Menjer Dieng

Nah, untuk tempat wisata yang satu ini sejatinya sangat belum dikenal dan bahkan sangat sepi pengunjung. Letaknya yang sangat jauh dan sulit diakses membuat tempat ini sangat perawan sekali. Nah bagi yang suka dengan tantangan tentu mengunjungi tempat wisata Telaga Menjer adalah hal yang wajib di lakukan. Telaga ini sangat tenang, airnya jernih serta jauh dari kata kebisingan. Anda yang sampai di lokasi bisa menikmati keindahan alam sekitar sembari melakukan beragam kegiatan seperti camping dan sebagainya. Adapun lokasi tempat Telaga Menjer berada adalah di Desa Maron, Garung Wonosobo.

10. Tempat Wisata Kawah Sileri Dieng

Berlokasi di dataran tinggi dieng tepatnya di Desa Kepakisan kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Kawah ini merupakan kawa paling luas dan paling aktif yang ada di Dieng. Dari data yang kami dapatkan Kawah Sileri punya luas empat hektar dan bisa di tempuh dengan cepat hanya 15 menit dari pusat Dieng. 

Panorama alam di sekitar kawah sungguh sangat indah sekali, disini juga Ada sebuah PLTU yang memanfaatkan uap kawah sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Di lokasi tempat wisata Ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan seperti gazebo, warung makan, dan yang lainnya. Disini Anda bisa bersantai ria sambil mengambil foto indah bersama teman atau orang-orang yang datang bersama Anda. Dijamin tak akan menyesal dah.


EmoticonEmoticon