19 Tempat Wisata Di Sumedang paling Hits Wajib Anda Kunjungi

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Sumedang paling hits terbaru di 2017 yang wajib Anda kunjungi. Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berdekatan langsung dengan kabupaten Bandung. Kabupaten ini sedari dulu sangat dikenal karena oleh-olehnya. Tentu Anda tak asing lagi bukan dengan Tahu Sumedang? Tahu ini hampir di setiap kota ada yang jual. Selain terkenal dengan oleh-oleh tahu Sumedang nya, ternyata Sumedang di berkahi dengan banyak destinasi wisatanya. Walau tidak punya laut seperti kabupaten di Jawa barat lainnya, Sumedang bersama bandung punya banyak destinasi wisata alam yang tak kalah indahnya.

Mulai dari tempat wisata alam Sumedang punya beberapa spot wisata curug yang sangat beragam, selain itu ada juga tempat wisata waduk yang tak kalah indah seperti waduk Jatiluhur di Purwakarta. Berikut kami informasikan deretan tempat wisata di Sumedang terbaru yang wajib Anda kunjungi. Jangan sampai tidak yah kawan..


17 Tempat Wisata Di Sumedang paling Hits Wajib Anda Kunjungi
1. Tempat Wisata Bakit Dua

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Batu Dua – Photo by @esaristana
Tempat wisata di Sumedang paling hits pertama yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Sumedanga adalah Bukit Dua. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di kota yang terkenal akan keunikan tahu Sumedangnya. Batu Dua berlokasi di Desa Cimarga Kecamatan Cisitu, tempat wisata ini merupakan sebuah lereng bukit yang berada di kawasan Gunung Lingga.

Disini pemandangan kota Sumedang, dapat dilihat dari ketinggian. Selain itu beberapa kegiatan dan fasilitas bisa Anda lakukan di sini, mulai dari berfoto ria sambil melihat pemandangan kota Sumedang. Sedangkan bagi Anda yang suka wisata ekstrim di Batu Dua juga ada salah satu fasilitas yang bisa Anda sewa yakni wisata paralayang yang tak kalah menantang dari kegiatan paralayang yang di lakukan di Kampung Toga.



2. Tempat Wisata Bendungan Waduk Jati Gede

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Bendungan Waduk Jati Gege – Photo by @_jfirmansyah
Tempat wisata yang satu ini terletak di Kawasan waduk gede Sumedang. Tempat yang awalnya di gunakan sebagai tempat penampungan ini, menjelma menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak digandrungi anak muda Sumedang. Tepatnya di bagian bendungannya banyak spot yang bisa digunakan untuk bersantai dan berfoto ria dengan teman atau pasangan. So bagi yang belum mengunjungi wisata gratis yang satu ini, silahkan kunjungi sekarang juga!



3. Tempat Wisata Bukit Nangorak

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Bukit Nangorak – Photo by @hakikiaahmad
Tempat Wisata di Sumedang paling hits dengan konsep alam ini berlokasi di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Akses jalan menuju lokasi juga sangat mudah, kendaraan pun bisa di bawa masuk, dan Anda tidak perlu berjalan kaki menemukan tempat wisata yang indah ini. Awalnya Bukit Naggorak ini adalah kawasan yang merupakan kawasan lahan penerapan teknologi perkebunan.



Namun seiring waktu berjalan, Bukit Naggorak di sulap menjadi salah satu lokasi agriwisata yang menjadi andalan kabupaten Sumedang. Dengan kosep Agroedukteknowisata yang di gunakan, Bukit Naggorak menawarkan sarana tempat wisata dan rekreasi alam sekaligus sarana pengenalan dan pendidikan khususnya teknik budidaya, produksi pertanian, peterenakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan kepada pengunjung yang datang. Sungguh tempat yang sangat bermanfaat sekali bukan.

4. Tempat Wisata Bukit Panorama Jatinangor (Wisata Gunung Batu)

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Bukit Panorama Jatinangor – Photo by @lianihasnitaulfa
Tempat wisata yang ke empat ini sejatinya merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang sedang naik daun. Tempat yang mengambil konsep alam alami ini terlat di Gunung Batu yang berdampingan dengan Gunung Geulis Sumedang. Setiap akhir pekan tempat wisata Panoramka Jatinangor ini selalu penuh dengan pengunjung. Adapun bagi Anda yang penasaran dan ingin merasakan sensasi liburan di Tempat Wisata Bukit Panorama Jatinangor bisa masuk dari Jalan Pamegarsari Tanjung Sari Sumedang. Diatas puncak Anda bisa menikmati udara sejuk dan segar serta bisa melihat pemandangan jatinangor dan Cileunyi dari ketinggian.

5. Tempat Wisata Cijambu Tanjungsari

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Cijambu Tanjungsari – Photo by @iyadsudrajat
Berlokasi di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata rumah pohon di Sumedang yang baru di buka beberapa tahun kebelakang. Adapun cikal bakal terbentuknya kawasan wisata rumah pohon di Cijambu ini tak lepas dari peran Pemdes Cijambu itu sendiri. Kini dengan panorama alam yang indah mulai dari banyaknya pohon pinus serta rumah pohon yang ada di desa Cijambu tersebut, membuat banyak orang khususnya pemuda dan pemudi dari Sumedang saling berdatangan. Disini selain menikmati keindahan alamnya dari Rumah Pohon yang telah disediakan, pengunjung juga bisa bersantai ria dengan memasang hammock di pohon-pohon pinus yang ada di sekitar kawasan.

6. Tempat Wisata Curug Cigorobog

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Curug Cigorobog – Photo by @erdianbt9
Cek Juga : Tempat Wisata Curug di Bogor Terbaru

Berlokasi di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Curug Cogorobog bisa dikatakan curug yang tak pernah sepi di kunjungi wisatawan. Aksesnya yang mudah serta panorama alam yang indah membuat curug ini dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata di Sumedang paling hits sekarang. Curug Cigorobog punya tiga tingkat curug yang punya lebar serta debit air yang berbeda-beda. Tingakatan curug inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke lokasi.

7. Tempat Wisata Curug Cinulang

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Curug Cinulang – Photo by @sony14
Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan lebih dekat ke Bandung dan lebih dekat ke Sumedang. Banyak orang yang bilang jika Curug Cinulang masuk dalam kawasan Bandung, namun tak sedikit juga yang bilang Curug Cinulang ini masuk kawasan Sumedang. Berdebat dengan itu semua keindahan curug Cinulang tak perlu di ragukan lagi. Curug Cinulang sendiri bisa Anda akses dengan mudah melalu jalur tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

8. Tempat Wisata Curug Cipongkor

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Curug Cipongkor – Photo by @agajelek_
Cek Juga : Tempat wisata air terjun di Malang Terbaru

Berlokasi di Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, Curug Cipongkor belum banyak di kenal. Keindahan serta tingginya air terjun di kawasan wisata ini, membuat Curug Cipongkor sangat sayang jika tidak di kunjungi. Curug Cipongkor menjadi satu diantara banyaknya tempat wisata baru di Sumedang yang belum terdaftar resmi di dinas pariwisata Sumedang. Karena itulah bagi siapa saja yang mau kesini tidak di pungut biaya apapun. Adapun yang perlu dibayar adalah tempat parkir yang telah disediakan penduduk sekitaran curug.

9. Tempat Wisata Curug Ciputra wangi

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Curug Ciputra wangi – Photo by @opikhermana
Tempat wisata yang ke sembilan ini masuk dalam satu area dalam Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Lokasi curugnya berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Panorama alam disekitar curug sangat indah terlebih udaranya sejuk dengan banyaknya pepohonan di sekitaran tempat curug berada.

10. Tempat Wisata Curug Sabuk

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Curug Sabuk – Photo by @ricky.agi
Curug Sabuk merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang paling hits yang masih tersembunyi dan belum di banyak di kunjungi pengunjung. Namanya baru dikenal setelah banyak para wisatawan yang pamer keindahan curug lewat foto di media sosial. Letaknya yang berada di tengah hutan, membuat curug ini sulit untuk diakses, namun bagi Anda yang penasaran ada baiknya menyewa pemandu wisata atau warga desa yang sudah tahu seluk beluk curug Sabuk tersebut. Agar anda tidak nyasar dan selamat sampai tujuan. Curug Sabuk Sendiri berlokasi di kawasan Gunung Kareumbi tepatnya di Dusun Nangkorank, Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

11. Tempat Wisata Mata air Cikandung

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Mata air Cikandung – Photo by @cahyaanugrah
Tempat wisata dengan konsep alam ini berlokasi di Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Sumedang. Disini aliran mata airnya telah membentuk sebuah kolam dengan ukuran 10 meter di bagian hulu dan mengalir menjadi sebuah sungai kecil dengan kedalaman tidak lebih dari lutut orang dewasa. Jernihnya air serta panorama alam sekitar yang sangat indah membuat kawasan mata air Cikandung ini menjelam menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi. Beragam kegiatan mulai dari bersantai ria, atau bisa juga bermain air jernih di sekitaran Kolam bisa Anda lakukan. Adapun waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di sekitar Mata Air Cikandung adalah padi dan sore hari.

12. Tempat Wisata Parakan Kondang

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Parakan Kondang – Photo by @zalpadwinnake
Parakan Kondang sendiri sejatinya adalah sebuah tempat pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yang berlokasi di Desa Kadujaya Kecamatan Jati Gede Sumedang. Namun seiring waktu berjalan, area PLTA ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di gandrungi oleh pemuda dan pemudi Sumedang. Apalagi di bagian Jembatan gantungnya itu, kini menjadi incaran banyak orang khususnya pengguna media sosial yang ingin selalu pamer foto bagus di instagramnya.

13. Tempat Wisata Perkebunan teh margawindu

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Perkebunan teh margawindu – Photo by @darnet78
Berlokasi di Kawasan Perbukitan Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Tempat Wisata Perkebunan teh margawindu menawarkan pemandangan indah kebun Teh diatas bukit yang indah dan asri. Pemandangan di atas perbukitan serta banyaknya pohon teh di hampir semua kawasan wisata membuat Anda tak akan lelah untuk memandang.

14. Tempat Wisata Puncak damar Jati Gede

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Puncak damar Jati Gede – Photo by @enupee28
Tempat wisata di Sumedang yang sedang hits ini berada di kawasan Waduk Jati Gede Sumedang. Waduk ini pun terbilang masih sangat muda usianya karena baru di resmikan di pertengahan tahun 2015 silam. Kini selain menjadi tempat wisata dan juga penampungan air, beberapa spot sekitaran waduk pun di rumah menjadi tempat wisata yang tak kalah keren. Salah satunya dalah Tempat Wisata Puncak damar Jati Gede. Di lokasi tersebut, Anda akan di bikin nyaman sembari menikmati suasana pemandangan waduk Jati Gede dari ketinggian.

15. Tempat Wisata Puncak Gunung Tampomas

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Puncak Gunung Tampomas – Photo by @imam_solahudin
Tempat wisata yang satu ini berada di bagian utara Kabupaten Sumedang. Secara administratif Tempat Wisata Puncak Gunung Tampomas berada di tiga kecamatan Yaitu Buahdua, Conggeang, Pases, Cimalaka, dan Tanjungkerta. Adapun luas keseluruhan area wisata Gunung Tampomas mencapai 1.250 hektar. Di bagian puncaknya kita bisa melihat pemandangan alam yang indah dari Sumedang dan sekitarnya. Selain itu ada juga lubang-lubang bekas kawas dan batu-batu besar berwarna hitam yang mengambah keindahan lokasi Gunung Tampomas.

16. Tempat Wisata Situ Biru Cilembang

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Situ Biru Cilembang – Photo by @daiihidayat
Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang paling hits yang sedang banyak di pamerkan di media sosial. Tempat Wisata Situ Biru Cilembang berlokasi di tempat tersembunyi tepatnya di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Sumedang. Tempat ini sangat indah terlebih airnya yang jernih layaknya sebuah cermin yang mengkilap. Namun sayang pengunjung yang datang tak bisa menikmati lebih jauh lagi keindahan Tempat Wisata Situ Biru Cilembang ini. Pengunjung dilarang berenang diatas air yang sangat jernih ini, hal ini dikarenakan air dari Situ biru Cilembang ini masih menjadi sumber air bersih yang digunakan warga sehari-hari. Kapan yah bisa dibuat untuk berenang..

17. Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits
Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi – Photo by @deris.erpiansa
Terakhir tempat wisata di Sumedang yang sedang hits dan wajib Anda kunjungi di 2017 ini adalah Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Banyak yang bilang tempat wisata ini masuk dalam kawasan wisata kabupaten Bandung namun tak sedikit juga yang bilang jika tempat wisata ini masuk kawasan Sumedang. Berdebat dengan kawasan mana sebenarnya keindahan alam serta fasilitas di tempat wisata yang sedang naik daun ini perlu Anda coba.

Di Tempat Wisata Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Ada bisa merasakan kenyamanan, ketenangan dan ketentraman. Tempat wisata ini sangat cocok sekali di kunjungi bersama keluarga. Karena selain berlibur Anda pun akan dikenakan dengan cara-cara pelestarian lingkungan. Selain rumah pohon yang bisa Anda singgahi dan tempati. Di taman buru Gunung masigit ini juga Anda akan berjumpa dengan banyak flora dan fauna yang dilindungi. Pokoknya indah banget deh, jangan sampai tidak berkunjung yah..

Di akhir kata cukup sekian informasi tempat wisata di Sumedang paling hits yang bisa kami sampaikan. Semoga semua informasi yang kami sampaikan diatas bermanfaat dan menjadi salah satu sumber referensi tempat wisata yang belum Anda ketahui. Untuk ke depannya akan kami update kembali tempat wisata baru khususnya di kota Sumedang yang mungkin belum Anda ketahui…


EmoticonEmoticon