17 Tempat Wisata di Sumedang Paling Hits

Tak bisa di pungkiri saat ini wisata alam khususnya air terjun atau curug orang Sunda bilang selalu menjadi yang dicari oleh anak-anak muda ketika hari libur tiba. Berwisata dengan mengunjungi curug memang berbeda ketika berwisata ke tempat yang sudah sangat lengkap dengan segala fasilitasnya, terlebih lagi curug-curug yang masih tersembunyi keberadaannya tentu akan membuat perjalanan semakin sempurna. Di Jawa Barat sendiri wisata Curug sangat banyak dan beragam. Hampir di setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat ada curugnya. Nah dalam kesempatan ini kami akan informasikan deretan tempat wisata Curug yang ada di Sumedang terbaru paling populer dan tentunya sangat sayang jika tak Anda kunjungi.


Tempat Wisata Sumedang Curug Punya Terbaru
Sama seperti kabupaten lainnya Curug-Curug di Sumedang banyak dan beragam, dan sebagian besar keberadaannya masih tersembunyi alias berada di pelosok gunung. Untuk aksesnya pun ada yang sudah bisa masuk kendaraan ada pula yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki saja. Namun namanya juga curug, jika tak lelah di perjalanan maka tak akan seru main basah-basahannya. Dibawah ini kami informasikan deretan tempat wisata Curug di Sumedang paling hitz yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya. Silahkan disimak, silahkan di simpan dan jangan lupa di kunjungi yah!

1. Tempat Wisata Curug Ciputrawangi Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Ciputrawangi by @sukmayudinda
Tempat wisata curug Sumedang punya yang mungkin sangat sayang jika tidak Anda kunjungi adalaha Curug Ciputrawangi. Curug yang satu ini merupakan curug yang tersembunyi keberadaannya namun akses menuju curug sudah sangat memadai. Curug Ciputrawangi sendiri masuk dalam kawasan wisata taman alam Gunung Tampomas. Curug yang berlokasi di Desa Narimbang Kecamatan Conggeang ini siap menemani hari libur Anda dengan riang dan gembira. Di lokasi Curug Anda bisa menikmati keindahan alam Sumedang yang sejuk itu, serta bisa juga merasakan sensasi dingin atau berenang di tengah kubangan air yang mengalir dari curug yang tak terlalu tinggi air curugnya ini.



2. Tempat Wisata Curug Gorobog, Curug Tingkat Tiga Sumedang Punya

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Gorobog by @mrizall335
Wisata Curug Sumedang selanjutnya yang sayang jika Anda lewatkan adalah Curug Gorogog. Curug ini berada di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Di lokasi Curug Anda akan di manjakan dengan pemandangan air terjun yang bertingkat serta panorama alam perkebunan teh Margawindu yang mempesona itu. Curug Gorogog sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata Sumedang yang masih sangat mudah diakses. Kendaraan yang Anda pakai bisa sampai ke lokasi wisata yang selalu ramai di kunjungi ini.

Untuk akses dari tempat parkir ke lokasi curug pun tak terlalu jauh. Namun tetap saja Anda yang membawa kendaraan pribadi harus hati-hati di jalan karena akses jalan menuju curug cukup rusak dan banyak tanjakan belokannya. Seperti yang dikatakan diawal Curug Gogorog ini punya keistimewaan jika dibandingkan dengan curug Sumedang lainnya. Seperti yang tampak di gambar, Curug Gorogog ini punya tingkatan curug yang siap memanjakan mata Anda yang sudah sangat lelah itu. Air nya yang deras akan membuat suasana hati Anda menjadi tenang dan menyenangkan.

3. Tempat Wisata Curug Narimbang Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Narimbang by @sumedang_cantik
Berlokasi di Desa Narimbang Sumedang Jawa Barat, tempat wisata curug yang satu ini hampir selalu ramai di kunjungi wisatawan apalagi di hari libur tiba, sudah pasti orang Sumedang selalu berlibur ke curug ini. Sama seperti curug-curug sebelumnya, Curung Narimbang sumedang punya akses yang enak dan kendaraan pun bisa dibawa langsung ke dalam lokasi. Meski lokasinya sangat mudah diakses, curug yang satu ini ternyata sangat alami, air nya jernih dan suasana di sekitar curug yang sangat tenang dan menyenangkan.

4. Tempat Wisata Curug Cinulang Antara Bandung dan Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Cinulang by @ariirwansczah
Keindahan serta kesegaran alam di Curug yang satu ini bisa Anda dengarkan dalam sebuah lagu yang dulu sangat populer. Curug Cinulang orang Sumedang bilang, Curug ini memang menjadi salah satu destinasi wisata Sumedang punya yang selalu ramai di kunjungi. Baik di hari biasa apalagi di hari weekend tiba tempat wisata ini selalu ramai di datangi wisatawan. Curug Cinulang sendiri merupakan curug yang berada di perbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung. Berlokasi di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung. Memang banyak orang bilang jika curug ini masuk dalam kawasan wisata yang Bandung punya. Meski demikian akses jalan yang sangat mudah untuk mengunjungi tempat wisata curug ini adalah dari jalur Sumedang. So mau di akui Bandung atau Sumedang toh keindahan alam curug yang satu ini tak perlu dibantahkan lagi.

Baca juga : Tempat Wisata Curug Garut Punya Paling Hitz

5. Tempat Wisata Curug Cipongkor Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Cipongkor by @sumedang_banget
Wisata Sumedang yang berlokasi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang ini sudah sejak lama dikenal orang sebagai salah satu wisata alam di Sumedang. Curug Cipongkor Sumedang sendiri masuk dalam jajaran Curug paling indah yang Sumedang punya. Meski demikian sampai saat ini Curug yang kadang selalu deras dan kecil air terjunnya ini selalu sepi pengunjung, kenapa yah? Mungkin karena medan akses yang bisa dikatakan sedikit sulit dan jalan yang harus di lalui sangat panjang membuat Curug ini selalu sepi setiap harinya, namun bagi Anda yang suka tempat sepi mengunjungi curug Cipongkor harus Anda lakukan.

6. Tempat Wisata Curug Cigarukgak Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Cigarukgak by@ngaprak.sumedang
Berokasi di Dusun Cipeureu Desa Awilega Kabupaten Sumedang. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang tidak di kelola alias bebas untuk dinikmati. Letaknya pun yang sangat strategis membuat curug ini sangat mudah untuk di kunjungi. Namun sayang karena strategis itulah potensi alam curug Cigarukgak sangatlah kurang. Curug ini berada di antara perbatasan antara kecamatan Tanjung Kerta dan Kecamatan Buah dua. Namun bagi Anda yang penasaran bisa langsung ke lokasi, lumayan tinggi curug yang 10 meter dan debit airnya yang cukup deras siap memanjakan mata Anda yang sudah sangat kelelahan itu.

7. Tempat Wisata Curug Cimanintin Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Cimanintin by @misterfidell
Tempat wisata Curug Sumedang punya lainnya yang wajib Anda datangi di hari libur adalah Curug Cimanintin. Curug ini merupakan salah satu tempat wisata Alam Sumedang yang berlokasi di Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Lokasinya yang tersembunyi dan aksesnya yang sangat sulit, akan membuat Anda tertantang untuk menaklukannya. Walau capek dan lelah namun ketika Anda sampai di lokasi curug, semua itu akan hilang seketika. Pemandangan alam, air jernis serta sejuknya lokasi curug bisa jadi obat mujarab yang menyembuhkan semua perjuangan karena lelahnya perjalanan.

8. Tempat Wisata Curug Cibitung Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Berlokasi di Desa Cikareo Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Curug Cibitung sendiri merupakan salah satu curug yang belum terjamah dan masih asri keadaan alamnya. Bisa dikatakan Curug Cibitung ini adalah salah satu tempat wisata baru yang wajib Anda kunjungi. Keindahan curug ini tak kalah indah dengan curug-curug di Sumedang yang sudah di kenal banyak orang. Debit airnya yang sangat deras membuat gemuruh air yang berjatuhan menutupi pendengaran kita. Meski demikian itulah keindahan dan kelebihan yang Curug Cibitung punya. Dengan ketinggian curug mencapai 30 meter, Curug Cibitung wajib Anda singgahi.

9. Tempat Wisata Curug Cikidang Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi
Curug Cikidang by @sugihingkang
Wisata curug sumedang punya lainnya yang bisa dikatakan masih sangat baru dan belum di kelola oleh pemerintah ada Curug Cikidang. Curug yang masih perawan ini berlokasi di Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Curug ini juga merupakan salah satu tetangga dari Curug Cipelah yang bisa Anda datangi. Curug Cikidang sendiri punya debit air yang cukup deras dan siap menyemburkan suara khas air terjun yang menggoda itu. Karena letaknya yang tersembunyi, jika beruntung Anda yang datang ke lokasi curug akan ditemani oleh burung-burung liar yang suaranya sangat khas dan indah itu.

10. Tempat Wisata Curug Cipelah Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Tempat wisata curug lainnya di Sumedang yang siap menemani akhir pekan Anda dengan suasana alam yang indah itu ada curug Cipelah. Curug ini merupakan tetangganya curug cikidang yang berada satu lokasi yakni di Desa Bangbanyan Kecamatan Situraja Sumedang. Namun bedanya dengan curug Cikidang debit air di curug ini sangat kecil dan alirannya pun sangatlah lambat, Meski demikian curug yang punya tinggi 20 meter ini siap memanjakan hati Anda yang sedang gelisah itu dengan pemandangan bebatuan alam dan dialiri air terjun yang fenomenal itu.

11. Tempat Wisata Curug Cimayani Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Wisata alam Sumedang punya ini berlokasi di Desa Jembarwangi lembur Cibengkung Kecamatan Tomo Sumedang Jawa Barat. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih baru dan jarang di kunjungi. Dari kejauhan tempat wisata yang sedang naik di kalangan anak muda Sumedang ini tak seperti air tejun (curug) pada umumnya. Memang begitulah demikian, curug yang tak terlalu tinggi ini akan terlihat seperti aliran sungai biasa di kejauhan. Meski begitu airnya yang jernih serta kubangan air yang terdapat di aliran curug kecil ini siap memanjakan hari-hari libur Anda dengan kebahagian yang tiada duanya.

12. Tempat Wisata Curug Buhud, Orang Bilang Niagaranya Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Tau kan dengan air terjun Niagara paling besar dan indah di Amerika Itu? Tentu sangat tahu sekali bukan, apa mau Anda datang dan terjun langsung dari ketinggian air terjun itu? Tentu tidak mau bukan? Nah bagi yang penasaran seperti apa air terjun niagara itu, maka jawaban termudah adalah dengan mengunjungi tempat wisata curug buhud di Sumedang. Orang sana bilang curug kecil ini hampir mirip dengan air terjun Niagara yang Amerika punya. Curug Buhud sendiri berada di Desa Sukatani Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang. Dengan ketinggian curug yang mencapai 6 meter dan lebar curug yang cukup panjang membuat pemanadangan curug yang satu ini sangat menggoda.

13. Tempat Wisata Curug Kencana yang Tersembunyi di Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Tempat wisata Sumedang yang tersembunyi dan belum di kelola oleh dinas pariwisata Sumedang ada Curug Kencana. Curug ini merupakan satu dari banyaknya curug di Sumedang yang belum terjamah karena lokasinya yang tersembunyi. Adapun akses menuju curug bisa Anda lalui melalui desa Citengah kecamatan Sumedang Selatan. Curug yang punya ketinggian mencapai 20 meter ini siap memanjakan mata siapa saja yang mengunjunginya. So jika penasaran, silahkan rencanakan dari sekarang yah!

14. Tempat Wisata Curug Cadasri Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Curug lainnya yang masih baru dan belia umur nya serta masih jarang di kunjungi di Sumedang ada Curug Cadasri. Curug ini berlokasi di Desa Banjarsari kecamatan Jatitunggal Sumedang Jawa Barat. Lokasinya pun berdekatan dengan curug ciwaluh. Walau bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan curug lainnya yang ada di Sumedang, tetap saja daya tarikd ari cuug yang satu ini tak kalah indah menggoda.

15. Tempat Wisata Curug Ciwangi Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Wisata alam sumedang punya ini berlokasi di Desa Krisik Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Curug Ciwangi punya dua buah bibir air curug yang letaknya berdampingan layaknya curug kembar panorama alam di sekitar curug siap memanjakan mata Anda yang sudah sangat lelah itu. Debit airnya yang cukup deras serta jernih airnya siap membuat Anda untuk basah-basahan. Air terjun Ciwangi sendiri punya ketinggian yang berbeda yakni yang satu 20 meter dan yang satu lagi 15 meter tingginya. Dan kedua aliran air curug tersebut mengalir ke tempat yang berbeda. Namun meski begitu keindahan dan suasana indah sekitar curug tak perlu dipertanyakan lagi.

16. Tempat Wisata Curug Cakra Sumedang Punya

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Curug Cakra Sumedang berlokasi di desa Ganjaserik Kecamatan Wado Sumedang. Curug ini merupakan salah satu destinasi wisata Sumedang punya yang tak kalah keren dari curug lainnya. Curug yang punya ketinggian sekitar 30 meter ini siap memanjakan mata dan pikiran Anda dengan gemuruh airnya yang deras. Selain itu aliran air curug yang berjatuhan ke kolam di dasar air curug siap membuat Anda tergoda untuk basah-basahan. Namun sayang seribu sayang akses untuk bisa sampai menuju curug ini sangatlah sulit dan sangat menantang. Akan itu itu semua akan terbayar sudah jika Anda sudah sampai di lokasi curug berada.

17. Tempat Wisata Curug Ciwalur Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Wisata Curug Sumedang selanjutnya yang wajib Anda kunjugi di hari libur tiba ada Curug Ciwalur, curug yang berlokasi di Dusun Pasir Padang Desa Jatinunggal Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Curug yang punya ketinggian 20 meter ini siap menjadi wahana wisata petualangan di akhir pekan yang akan tiba. Akses menuju curug yang sulit dan panjang dan lokasinya tersembuni di tengah hutan ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang penasaran. Karena itulah penting rasanya menjaga kesehatan serta membawa perbekalan secukupnya jika Anda ingin berkunjkung dan menikmati keindahan curug yang sedang hitz di kalangan anak-anak muda Sumedang ini.

18. Tempat Wisata Curug Cipadayungan Sumedang

19 Tempat Wisata Curug Sumedang Terbaru Wajib Anda kunjungi

Curug yang satu ini memang tak setinggi dan sebesar curug lainnya yang Sumedang punya. Curug yang berloksai di Bumi Perkemahan Cipadayunan ini masih masuk dalam kawasan wana wisata Cipadayungan Sumedang. Meski kecil dan tak deras airnya tetap saja yang namanya curug akan selalu menggoda untuk di kunjungi. Air yang jernih serta alirannya yang tak terlalu deras akan menggoda siapa saja yang datang untuk basah-basahan.

Nah, mungkin itulah kawan deretan tempat wisata curug Sumedang terbaru paling hitz yang wajib Anda kunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata Sumedang lainnya yang tak kalah indah dan ngehitz di kalangan anak-anak muda. Namun bagi yang penasaran silahkan baca juga daftar tempat wisata Sumedang paling hits disini. Akhir kata selamat berakhir pekan selamat berlibur.


EmoticonEmoticon