52 Tempat Wisata di Solo Terbaru yang Wajib Anda Kunjungi

Dibawah ini adalah daftar tempat wisata di Solo terbaru wajib Anda kunjungi. Di kota ini paket wisata dengan berbagai kategori mulai dari wisata alamnya, wisata budayanya, wisata kotanya yang bisa Anda datangi baik bersama keluarga, pacar/pasangan, teman di akhir pekan yang akan datang. Kota Solo atau yang sering juga di sebut kota Surakarta adalah kota/kabupaten di Jawa Tengah yang punya jejak rekam sejarah tertua di Indonesia. Bersama Yogyakarta, kota Solo ini punya banyak kemiripan. Di kota ini jugalah presiden Indonesia sekarang bapak Jokowi lahir dan tumbuh besar hingga sukses menjadi orang no satu di Indonesia. Berbicara tentang tempat wisatanya, ternyata Solo punya banyak pilihan. Beragam kategori paket wisata bisa Anda pilih mulai dari wisata alamnya yang beragam, wisata kotanya yang unik, dan wisata sejarahnya yang sayang jika Anda lupakan.



Tempat Wisata di Solo Tebaru Wajib di Kunjungi

1. Wisata Pandawa Water World Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Tempat wisata di Solo terbaru yang sedang hits dan wajib Anda kunjungi di hari libur yang akan tiba adalah Pandawa Water World. Destinasi wisata ini merupakan salah satu wahana air Solo punya yang menawarkan beragam fasilitas cukup lengkap. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Cernana Raya Solo Baru. Adapun jadwal buka tempat wisata di solo ini adalah pukul 10.00-18.00 untuk hari biasa, dan pukul 08.00-18.00 untuk akhir pekan. Sedang untuk harga Tiket, Wahana Air Solo punya ini membandrol tiket IDR 80K per orang di hari biasa, dan IDR 100K untuk akhir pekan. So bersama keluarga tempat wisata ini cocok Anda datangi.

2. Wisata Keraton Kasunanan Surakarta (Solo)
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Tempat wisata di Solo lainnya yang sayang jika tidak Anda kunjungi di akhir pekan adalah Keraton Kesunanan. Destinasi wisata solo punya ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang akan memanjakan keingintahuan kita terhadap sejarah kota ini. Dalam catatan sejarah, Keraton Kesunanan Surakarta ini di bangun tahun 1745 oleh Pakoe Boewono II. Anda yang datang ke keraton akan dimanjakan dengan koleksi wayang kulit yang cukup beragam, kereta kencana, serta beberapa macam senjata tradisional yang disimpan dengan rapi di dalam keraton. Adapun Anda yang tertarik bisa mengatur jadwal kunjungan, karena tempat wisata sejarah di Solo ini hanya buka di jam-jam tertentu saja. Yakni mulai pukul 08.30-14.00 di hari biasa, sedangkan khusus hari minggu tempat wisata ini buka dan tutup lebih cepat yakni pukul 08.30-13.00 saja.

3. Tempat Wisata Taman Sriwidewi Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Dalam catatan sejarahnya, taman wisata solo punya ini dibangun sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Namun seiring berjalannya waktu tempat wisata ini dibuka juga sebagai wahana wisata yang menarik bagi umum. Apalagi beberapa kegiatan budaya sering kali di lakukan di taman ini seperti penyelenggaraan tradisi malam slikuran. Soal fasilitas tempat wisata di Solo ini sudah sangat lengkap, beragam tempat seperti restoran, stand kerajinan khas Solo dan gedung wayang ada di lokasi taman. Adapun setiap harinya tempat wisata ini sangat ramai sekali di kunjungi. Untuk jadwal buka, tempat wisata Taman Sriwidewi Solo ini buka mulai pukul 10.00-22.00 dengan harga tiket IDR 3000 per orang.

4. Tempat Wisata Museum Manusia Purba Sangiran
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Destinasi wisata yang tak kalah keren dan wajib Anda datangi ketika mampir ke Solo adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Lokasi wisata ini merupakan tempat wisata sejarah terbaik solo punya. Di lokasi wisata Anda bisa melihat beragam peninggalan purba yang di susun rapi didalam museum. Anda yang punya anak bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai wahana edukasi bagi anak. Tempat wisata sejarah ini sudah di lengkapi dengan fosil manusia purba yang jumlahnya cukup banyak yakni 13.000. Dengan harga tiket yang hanya IDR 5K saja per orangnya Anda sudah bisa menikmati ilmu pengetahuan sejarah manusia purba. Bagi yang penasaran, lokasi tempat wisata Museum Manusia Purba Sangiran berlokasi di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kab Sragen atau 15 km dari pusat kota Solo.

5. Tempat Wisata Pura Mangkunagaran Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Sudah ada sejak tahun 1758 tempat wisata yang satu ini merupakan kediaman dari sosok Sri Paduka Mangkunegara yang melegenda itu. Di lihat dari luar tempat wisata ini berbentuk layaknya sebuah keraton. Terlebih di dalam pura ini terdapat banyak sekali wayang, tari, gamelan serta barang bersejarah lainnya. Tempat wisata Sejarah solo punya ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-14.00 dan khuus hari jumat destinasi wisata ini hanya buka dari jam 09.00-12.00 saja.

6. Tempat Wisata Pendidikan Monumen Pers Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Sepertinya tempat wisata sejarah cukup mendominasi di Solo. Hal ini tak lepas dari banyaknya tempat wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke Solo. Salah satu yang mungkin wajib Anda datangi adalah Monumen Pers. Di lokasi wisata ini terdapat satu juta lebih majalah dan koran serta benda-benda lainnya yang berhubungan dengan pers. So Anda mahasiswa komunikasi khususnya jurusan Jurnalistik tentu sangat wajib datang ke lokasi wisata ini. Adapun lokasi Monumen Pers ini adalah di Jalan Gajah Mada no 59 Surakarta. Untuk penunjang kenyamanan pengunjung beragam fasilitas seperti perpustakaan, koran gratis, dan ruang multimedia bisa pengunjung gunakan secara gratis.

7. Tempat Wisata Kampoeng Batik Kauman Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Sebagai kota yang penuh dengan cerita sejarahnya ternyata solo juga kaya akan peninggalan budayanya. Salah satu budaya dan kini di jadikan salah satu destinasi wisata unggulan solo punya adalah Kampoeng Batik Kauman Solo. Lokasi wisata ini merupakan pusatnya kerajinan batik semua jenis yang ada di Solo. Anda yang datang berlibur ke sini akan dimanjakan dengan pemandangan batik dengan beragam motif mulai dari batik nusantara hingga batik khas Solo punya. Tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi setiap harinya. Di lokasi Anda bisa berbelanja batik khas Solo untuk di jadikan oleh-oleh dari Solo punya.

8. Wisata Tugu Lilin Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Tempat wisata gratis Solo yang bisa Anda kunjungi untuk bermain ria bersama teman dan kaluarga ada Tugu Lilin. Tempat ini merupakan salah satu bangunan tua di Solo. Tugu Lilin sendiri punya cerita sejarah yang sangat mendalam. Dikatakan tugu ini di bangun sebagai peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo yang menjadi simbol sejarah Indonesia itu. Tugu Lilin sendiri berlokasi di kawasan Jalan Dr. Wahidin Sudirto Husodo. Di lokasi Anda bisa mengambil foto selfie dengan latar belakang tugu yang bersejarah itu.

9. Tempat Wisata Galabo Solo
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Bagi yang suka petualangan kuliner mencicipi makanan khas setiap kota bisa dong mencoba datangi dan cicipi kuliner khas kota Solo punya. Kota Solo sendiri punya banyak jenis kuliner khas yang sangat sayang jika tidak Anda nikmati. Salah satu kawasan wisata kuliner tebaik solo punya dan bisa Anda kunjungi rame-rame bersama keluarga adalah Galabo (Galadak Langen Bogan) Solo. Tempat wisata kuliner ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo Depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Setiap harinya lokasi wisata kuliner Solo punya ini selalu ramai di kunjungi. Di sini beragam kuliner khas Solo seperti Wedang Dongo, Sate Kere, Thenkleng, Mie Kethoprak, Wedang Ronde bisa Anda nikmati bersama keluarga atau rombongan. Apalagi dengan suasana malam kota Solo yang sunyi itu, menikmati keindahan kota Solo sambi menikmati hidangan khas Solo punya adalah hal yang sangat menyenangkan.

10. Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Bosan dengan wisata sejarah budaya dan kuliner kota Solo? Mau wisata alamnya? Tenang saja, solo pun punya walau tak ada wisata pantainya, Solo punya potensi alam yang bisa memanjakan hari libur Anda. Salah satunya adalah Grogojan Sewu Tawangmanggu. Tempat wisata alam ini bisa menjadi destinasi tujuan wisata ketika Anda berkunjung ke Solo. Berlokasi di 37 Km dari Solo tempat wisata ini bisa Anda nikmati dengan hanya bayar tiket seharga IDR 18K saja.

Lihat Juga : Tempat Wisata Air Terjun Malang Paling Hits

11. Tempat Wisata Air Tejun Jumog Solo punya
Tempat-Wisata-di-Solo-Terbaru-Wajib-Anda-Kunjungi

Tempat wisata di Solo kategori alam punya yang bisa Anda kunjungi bersama pasangan atau teman adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini berlokasi 40km dari pusat kota Solo, cukup jauh namun ketika datang ke lokasi Anda tak akan nyesal. Hampir sama dengan wisata air terjun di kota lainnya, Air Terjun Jumog ini menawarkan panorama alam yang indah luar biasa di sekitaran air terjun.

Tempat Wisata di Solo Lainnya :
12. Tempat Wisata Air Terjun Segoro Gunung
13. Tempat Wisata Air Terjun Parang Ijo
14. Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu
15. Tempat Wisata Tawangmangu Solo
16. Kawasan Wisata Selo
17. Tempat Wisata Sungai Bengawan Solo
18. Tempat Wisata SSB (Solo Selo Borobudur)
19. Tempat Wisata Waduk Cenglik Solo
20. Tempat Wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri
21. Tempat Wisata Sondokoro Solo
22. Tempat Wisata Gunung Kemukus Solo
23. Tempat Wisata Argowisata Lembah Hijau Jaten Karanganyar
24. Tempat Wisata Mata Air Cokro
25. Tempat Wisata Mata Air Pongkok Solo
26. Tempat Wisata Taman Air Tlatas
27. Tempat Wisata Taman Satwataru Jurug
28. Tempat Wisata Taman Balekembang
29. Tempat Wisata Taman Tirtonadi
30. Tempat Wisata Taman Sekartaji
31. Tempat Wisata Kebun Binatang Jurug Solo
32. Tempat Wisata Candi Sukuh
33. Tempat Wisata Candi Cetho
34. Tempat Wisata Candi Monyet Solo
35. Tempat Wisata Galeri ASDI Solo
36. Tempat Wisata Keraton Surakarta Hadiningrat
37. Tempat Wisata Kampung Wisata Batik Laweuyan
38. Tempat Wisata Museum Keraton Solo
39. Tempat Wisata Museum Batik Danar Hadi
40. Tempat Wisata Museum Radya Pustaka
41. Tempat Wisata Keraton Surakarta
42. Tempat Wisata Pasar Lawer
42. Tempat Wisata Pasar Gede
43. Tempat Wisata Solo Squere
44. Tempat Wisata Pasar Klithikan Notohardjo
45. Tempat Wisata Pusat Grosir Solo
46. Tempat Wisata Trade Center Solo
47. Tempat Wisata Ria Batik Solo
48. Tempat Wisata Pasar Barang Antik Triwindu
49. Tempat Wisata Pasar Keris Cinderamata Alun-Alun Solo
50. Tempat Wisata Benteng Vestenburg Solo
51. Tempat Wisata Kuliner Wedangan Solo
52. Tempat Wisata Ngarsopuro Night Market Solo

Nah, mungkin itulah kiranya daftar tempat wisata di Solo terbaru dan paling populer yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, pasangan, teman dan kerabat di akhir pekan yang akan datang. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Solo lainnya yang tak bisa kami sampaikan. Mungkin di lain kesempatan kami akan ulas secara lengkap daftar tempat wisata di Solo yang mungkin belum pernah Anda kunjungi. So terus pantengi situs ini, silahkan baca juga tempat wisata-wisata lainnya dai kategori yang telah kami sediakan di bagian footer. Selamat beraktivitas dan selamat berakhir pekan yah..


EmoticonEmoticon